1.
Evolusi Arsitektur Komputer, yang mencakup :
·
Perspektif Historis.untuk
meningkatkan kualitas pendidikan pada masa yang akan datang, tidak terlepas
dari pendidikan di masa lampau yang berisi informasi tentang kejadian yang
didasari konsep-konsep tertentu. Informasi tersebut dapat dijadikan sebagai
bahan pembelajaran untuk memajukan pendidikan. Dengan melihat informasi bidang
pendidikan dimasa lampau, manusia dapat menilai dan membandingkan apakah
pendidikan yang sudah dilakukan sudah sesuai dengan keadaan dan tujuan
pendidikan sekarang sehingga dapat dijadikan sebagai pembanding untuk memajukan
suatu bangsa.
·
Klasifikasi Arsitektur Komputer. konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem
komputer.Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses
dan sistem interkoneksinya).arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan
dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
·
Kualitas Arsitektur
Komputer. kualitas atau mutu arsitektur
komputer tidak mudah diukur. Banyak arsitek komputer menggunakan atribut yang
dijelaskan pada bagian berikut ini untuk mengevaluasi mutu arsitektur. Seperti
halnya atribut yang menjadikan arsitektur bangunan bermum, sebagian besar
atribut berikut sulit dihitung. Pada hakekatnya, suatu arsitektur yang baik
untuk satu aplikasi mungkin saja jelek untuk aplikasi yang lain, dan
sebaliknya. Pada bagian ini, kita akan membahas enam atribut mutu arsitektur:
generalitas (keumuman), daya terap, efisiensi, kemudahan penggunaan, daya
tempa, dan daya kembang (ekpandabilitas).
·
Keberhasilan Arsitektur Komputer.
1.
Keterbukaan arsitektur: Arsitektur
dikatakan open (terbuka) bila perancangnya mempublikasikan spesifikasinya
Keberadaan model pemrograman yang kompatibel don bisa dipahami.
2.
Kinerja Sistem:
Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk mengukur
kinerja komputer, para arsitek menjalankan serangakian program yang standart,
yang disebut benchmark,pada komputer. Benchmark ini memungkinkan arsitek untuk
menentukan kecepatan relatif dari semua komputer yang menjalankan benchmark
tersebut dan menentukan kecepatan absolute dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat
bagi arsitek untuk melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan berbagai
performance metrics (metrik kinerja).
3.
Biaya Sistem: Bagian pokok dari
biaya sistem computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat
bervariasi dari peralatan satu dengan yang lainnya. beberapa aplikasi dengan
metrik tersebut diperlukan adalah : Reliabilitas (keandalan) adalah sangat
diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan,
mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan
keselarnatan manusi.Kemudahan perbaikan khususnya
penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar