1. Perspektif
Historis
Jika
dilihat dari segi sejarahnya tediri dari :
- Komputer Mekanik Dan
Elektronik :
Komputer mekanik
transmisinya tidak praktis dan tidak dapat diandalkan sedangkan Komputer
Elektronik transmisinya dibantu dengan arus listrik dengan kecepatan
cahaya.
- Perkembangan
Komputer Elektronik :
Tahun 1906 tabung vakum triode ditemukan oleh Lee de Forest.
- Lima generasi komputer :
Generasi 1 = 1940 - 1956 menggunakan relay dan tabung vakum.
Generasi 2 = 1956 - 1963 menggunakan dioda dan transistor.
Generasi 3 = 1964 - 1971 menggunakan Intergrated Circuit (SSI/MSI).
Generasi 4 = 1971 - sekarang menggunakan mikroprosesor (LSI/VLSI)
Generasi 5 = sekarang - masa depan menggunakan kecerdasan buatan.
- Generasi 1 (1940 - 1956)
Kelebihan :
Menimbulkan suhu panas yang tinggi.
Membutuhkan tempat yg sangat luas.
Informasi bahasa mesin disimpan dalam magnetic drum.
Kekurangan :
Operasi Kontrol I/O tidak efisien.
Skema modifikasi pengamatan tidak efisien.
Tidak ada fasilitas linking program.
- Generasi 2 (1956 - 1963)
Menggunakan transistor.
Magnetic core sebagai tempat penyimpanan internal.
I/O lebih cepat (berorientasi pita)
- Generasi 3 (1964 - 1971)
Menggunakan Intergrated Circuit.
Munculnya komputer mini.
Tersedianya perangkat lunak untuk mengontrol I/O
- Generasi 4 (1971 - sekarang )
Menggunakan Mikroprosessor.
Kecanggihan peraltan I/O meningkat.
Kapasita penyimpanan lebih besar dari 3 MB.
- Generasi 5 (sekarang - masadepan)
Intelegensi buatan dasar.
Pemanfaatan pengenalan pola.
Implementasi mekanisme dasar untuk mengambil dan mengatur dasar pengetahuan.
2. Klasifikasi Arsitektur Komputer
Terbagi menjadi dua bagian yaitu Mesin von Neumann dan Mesin
non-von Neumann.
- Syarat Mesin von Neumann :
Mempunyai 3 subsistem hardware dasar seperti CPU, memori utama, dan
Sistem I/O.
Menjalankan nstruksi secara berurutan.
- Syarat Mesin non-von Neumann :
Single Instruction Stream, Single Data Stream (SISD)
Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream (MISD)
3. Kualitas Arsitektur Komputer
- Generalitas : Jangkauan aplikasi yang cocok dengan arsitektur.
- Daya Terap : Pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakan.
- Efesiensi : Rata - rata jumlah hardware yang selalu sibuk dalam penggunaan
normal.
- Kemudahan Penggunaan : Kemudahan programmer dalam membuat software arsitektur
tersebut.
- Daya Tempa : Kemudahan perancang dalam mengimplementasikan komputer dalam
jaringan yang luas.
- Daya Kembang : Kemudahan perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur.
4. Keberhasilan Arsitektur Komputer
- Manfaat Arsitektural :
Daya terap, daya kembang, daya tempa dan kompatibilitas.
- Keterbukaan Arsitektur :
Arsitektur dikatakan terbuka jika perancang mempublikasikan spesifikasinya.
-Keberadaan Model Pemrograman yang Kompatibel :
Komputer berparalel tinggi sulit digunakan sehingga menarik para analis untuk
menemukan cara baru penggunaannya.
- Kualitas Implementasi Awal :
Komputer merupakan mesin yang baik karena memiliki software dan sifat
operasional yang baik.
- Kinerja Sistem :
Sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer.
- Biaya Sistem :
Reliabilitas sangat diperlukan oleh komputer yang mengontrol penerbangan,
instalasi nuklir mapunkegiatan yg menyelamatkan kehidupan manusia dan kemudahan
perbaikan bagi komputer yang jumlah komponennya cukup besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar