Senin, 26 November 2012

EVOLUSI ARSITEKTUR KOMPUTER


1. Perspektif Historis

    Jika dilihat dari segi sejarahnya tediri dari :
- Komputer Mekanik Dan Elektronik : 
Komputer mekanik transmisinya tidak praktis dan tidak dapat diandalkan sedangkan Komputer Elektronik transmisinya dibantu dengan arus listrik dengan kecepatan cahaya.

- Perkembangan Komputer Elektronik :
Tahun 1906 tabung vakum triode ditemukan oleh Lee de Forest.
- Lima generasi komputer :

 Generasi 1 = 1940 - 1956 menggunakan relay dan tabung vakum.
Generasi 2 = 1956 - 1963 menggunakan dioda dan transistor.

 Generasi 3 = 1964 - 1971 menggunakan Intergrated Circuit (SSI/MSI).
Generasi 4 = 1971 - sekarang menggunakan mikroprosesor (LSI/VLSI)

 Generasi 5 = sekarang - masa depan menggunakan kecerdasan buatan.
- Generasi 1 (1940 - 1956)

 Kelebihan :
Menimbulkan suhu panas yang tinggi.

 Membutuhkan tempat yg sangat luas.
Informasi bahasa mesin disimpan dalam magnetic drum.

 Kekurangan :
Operasi Kontrol I/O tidak efisien.

 Skema modifikasi pengamatan tidak efisien.
Tidak ada fasilitas linking program.

 - Generasi 2 (1956 - 1963)
Menggunakan transistor.

 Magnetic core sebagai tempat penyimpanan internal.
I/O lebih cepat (berorientasi pita)

 - Generasi 3 (1964 - 1971)
Menggunakan Intergrated Circuit.

 Munculnya komputer mini.
Tersedianya perangkat lunak untuk mengontrol I/O

 - Generasi 4 (1971 - sekarang )
Menggunakan Mikroprosessor.

 Kecanggihan peraltan I/O meningkat.
Kapasita penyimpanan lebih besar dari 3 MB.

 - Generasi 5 (sekarang - masadepan)
Intelegensi buatan dasar.

 Pemanfaatan pengenalan pola.
Implementasi mekanisme dasar untuk mengambil dan mengatur dasar pengetahuan.


2. Klasifikasi Arsitektur Komputer
    Terbagi menjadi dua bagian yaitu Mesin von Neumann dan Mesin non-von Neumann.

 - Syarat Mesin von Neumann :
Mempunyai 3 subsistem hardware dasar seperti  CPU, memori utama, dan  Sistem I/O.

 Menjalankan nstruksi secara berurutan.
- Syarat Mesin non-von Neumann :

 Single Instruction Stream, Single Data Stream (SISD)
Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream (MISD)


3. Kualitas Arsitektur Komputer
- Generalitas : Jangkauan aplikasi yang cocok dengan arsitektur.

 - Daya Terap : Pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakan.
- Efesiensi : Rata - rata jumlah hardware yang selalu sibuk dalam penggunaan normal.

 - Kemudahan Penggunaan : Kemudahan programmer dalam membuat software arsitektur tersebut.
- Daya Tempa : Kemudahan perancang dalam mengimplementasikan komputer dalam jaringan yang luas.

 - Daya Kembang : Kemudahan perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur.

 4. Keberhasilan Arsitektur Komputer
- Manfaat Arsitektural :

 Daya terap, daya kembang, daya tempa dan kompatibilitas.
- Keterbukaan Arsitektur :

 Arsitektur dikatakan terbuka jika perancang mempublikasikan spesifikasinya.
-Keberadaan Model Pemrograman yang Kompatibel :

 Komputer berparalel tinggi sulit digunakan sehingga menarik para analis untuk menemukan cara baru penggunaannya.
- Kualitas Implementasi Awal :

 Komputer merupakan mesin yang baik karena memiliki software dan sifat operasional yang baik.
- Kinerja Sistem :

 Sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer.
- Biaya Sistem :

 Reliabilitas sangat diperlukan oleh komputer yang mengontrol penerbangan, instalasi nuklir mapunkegiatan yg menyelamatkan kehidupan manusia dan kemudahan perbaikan bagi komputer yang jumlah komponennya cukup besar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar